Membuat Lampu Berkedip Sederhana

Untuk anda yang mungkin masih awal di dalam dunia elektronika pastinya ingin membuat sebuah project elektronika yang sederhana dan asik jika dilihat apabila sudah selesai merakit. Atau untuk anda yang mahir, hanya sekedar ingin membuat sebuah kontrol lampu berkedip sederhana.

Kalai ini Dewata Elektronik membuat sebuah kontrol lampu berkedip sederhana dengan menggunakan sebuah IC timer yaitu NE555. IC ini merupakan IC yang sangat sering ditemukan di berbagai toko komponen elektronika. Jadi untuk anda yang ingin membuat lampu berkedip ini untuk memperoleh komponen nya sudah tidak masalah lagi.

Rangkaian yang akan kita buat kali ini hanya menggunakan sebuah IC dan empat buah resistor ditambah dengan sebuah kapasitor. Dua buah led dipasangkan sebagai led toggle yang akan menyala secara bergantian.

Prinsip kerja lampu berkedip sederhana ini adalah kita memanfaatkan sifat dari IC tersebut yaitu ada dua astabil dan monostabil, kita menggunakan salah satunya.

Kapasitor disini berfungsi sebagai media penyimpan tegangan yang akan digunakan pada IC timer sebagai referensi waktu pengisian dan pembuangan muatan yang akan menentukan lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kondisi toggle dari keluaran kaki 3.

Sedangkan resistor yang digunakan adalah sebagai hambatan seberapa cepat pembuangan terjadi. danjuga mempengaruhi waktu untuk LED berkedip.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


two + = 5


*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *